Skip to main content

Ingin sehat dengan Murah, Banyak-banyak lah minum air (ambil air sekarang so dekat...)

Air di indonesia ini melimpah ruah, mungkin hanya masalah distribusi karena kurang nya infrastruktur suatu daerah yang menyebabkan kekurangan air di suatu daerah.

Dalam kehidupan sehari-hari pun air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi tubuh kita didalam melakukan aktifitas.

Banyak sekali peranan air didalam tubuh kita, dan seperti kita ketahui bahwa air didalam tubuh kita terdiri atas 80% tubuh manusia. Dan ada 2 bagian didalam tubuh kita yang memiliki kadar air oxygen diata 80%.

Komposisi air didalam otak sebesar 90%(oxygen water) dan komposisi air didalam darah sebesar 95%. Kedua organ ini merupakan bagian yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia.


Air yang kita minum/dimasukkan kedalam tubuh memiliki peran yang sangat besar bagi proses tubuh, seperti :

* mendinginkan tubuh (proses Perspiration/keringat)
* meminyaki persendian tulang diseluruh kerangka
* paru-paru kita harus basah ketika memasukkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida
(1 hari bernafas, paru-paru memerlukan 0.586 liter air/1 pint)
* proses pembersian asam urine dan urea didalam ginjal sebelum dibuang bersama air
* melakukan metabolisme lemak, sehinggat berat badan dapat dikurangi dengan konsumsi air yg rutin.
* permukaan Kulit akan lembab, tidak terlihat kering atau kusam
* dan masih banyak lagi fungsi air didalam tubuh kita


Orang normal, wajib mengkonsumsi air sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. Tetapi ini tidak berlaku bagi orang yang merokok. Perokok harus mengkonsumsi air lebih dari 2 liter per hari.

Trus, apa yang terjadi jika tubuh kita kekurangan minum???
Tubuh kita akan menyerap kekurangan air dari organ tubuh yang paling dekat. Dan kecendrungan organ tubuh yang lain akan menyerap nya dari darah tubuh. Inilah yang menyebabkan darah akan mengental sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar.

Ginjal yang akan mengalami efek paling parah jika kekurangan cairan didalam tubuh. Ginjal akan mengalami kesulitan didalam menyaring darah yang kental sehingga mengalami perobekan pada Glumerulus Ginjal.
Gangguan Ginjal, biasanya ditandai dengan warna urine menjadi kuning. Selanjutnya, jika dibiarkan terus, maka air seni akan berwarna merah. Dan jika dibiarkan terus menerus, siap-siaplah kita melakukan cuci darah setiap minggu.
Otak juga akan mengalami gangguan akibat darah yang mengalir kurang lancar di dalam otak karena darah terlalu kental, sehingga asupan konsumsi ke otak akan berkurang. Yang akibatnya sel-sel di otak akan cepat matidan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga akan mengalami gangguan konsentrasi.

Banyak lagi gangguan kesehatan yang didapat ketika kita tidak mengkonsumsi air dengan teratur dan benar.

Air begitu mudah dan murah didapat. Tidak ada salah nya kita minum air secara teratur demi kesehatan tubuh kita. Seperti kata pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Ada begitu banyak artikel yang menjelaskan tentang kegunaan air dan begitu banyak juga yang menjelaskan kegunaan dari terapi air.
So, jangan kita sia-siakan kesehatan kita hanya karena kita malas minum air. Mulai lah minum air secara teratur demi kesehatan kita dari sekarang.

Sumber : gizi.net, domba-bunting.blogspot.com, blogadie.com

Comments

Popular posts from this blog

I Know Who Holds Tomorrow...

Tak ku tahu 'kan hari esok, namun langkahku tegap. Bukan surya kuharapkan,kar'na surya 'kan lenyap. O tiada 'ku gelisah,akan masa menjelang; ku berjalan serta Yesus.Maka hatiku tenang. Refrein: Banyak hal tak kufahami,dalam masa menjelang. Tapi t'rang bagiku ini,Tangan Tuhan yang pegang. Sebuah lirik yg dilantunkan pada upacara pemakaman yg beberapa waktu lalu ku hadiri. Perenungan didalam diri, ketika kematian adalah akhir kehidupan di bumi. Mengingatkan manusia, bahwa banyak hal sebenarnya yg tidak kita ketahui. Namun, kita berusaha utk mencoba mengetahui. Banyak hal yg tidak dapat kita lakukan sendiri. Namun, kita mencoba melakukan nya sendiri. Kita di bayang-bayangi oleh ruang dimensi yg lalu dan yg akan datang. Namun yg nyata adalah sekarang. Dan yg pasti adalah sekarang menjadi "yg lalu". Trus, dimanakah "yg akan datang" dapat kita ketahui dengan pasti. Mencoba mengetahui dengan kapasitas seorang manusia yg hanya mampu menjalani satuan wakt

Why Dog Never Lie About Love...???

Sunggu aneh rangkaian judul yg akan saya tulis kali ini. Mungkin rangkaian kata "Dog never lie about love" hanya bisa dimengerti oleh mereka yang pernah mempunyai anjing. Saya agak sedikit hati-hati didalam memakai kata-kata peliharaan. Bagi banyak orang, anjing bukanlah seekor peliharaan seperti memelihara hewan lainnya. Ada yang menganggapnya sebagai teman atau sahabat. Dan bahkan banyak film yang mengisahkan pertemanan seekor anjing dan pemiliknya, seperti "Air Bud", 101 dalmatians, dan masih banyak lagi. Begitu akrabnya pertemanan anjing dan tuannya, sehingga tidak jarang didalam film tersebut sang tuan tidak rela ketika kehilangan anjing kesayangannya. Dog never lie about love merupakan sebuah judul buku yang dikarang oleh Jeffry Moussaieff Mason. Penulis mencoba mengerti dan menganalisis prilaku anjing. Jeffry Moussaieff Mason berkata, " We love dogs because they love us, unconditionally. No matter how we treat them, what we do to them, how little attent

Mencoba Berfikir dari Pertanyaan dan Pernyataan...

Sebuah rasa yg pernah hinggap di pikiran dan rasa.... Apakah selamanya semua penjara selalu terasa gelap dan hampa? Didalam kegelapan, setiap org yg bisa melihat pun tidak dapat melihat... Apakah harapan didalam kegelapan hanya timbul dari suatu berkas cahaya... Dari mana datangnya berkas cahaya itu ketikan kegelapan sebagai suatu penjara? Apakah waktu akan berbicara utk menyelesaikan semua itu? Seakan waktu adalah sebagai suatu takdir yg tidak ada suatu pilihan didalamnya, sehingga tidak ada harmoni yg dapat kita mainkan didalamnya...